Definisi
perilaku konsumen
Perilaku konsumen
merupakan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi,perilaku,dan
lingkungannya dimana manusia melakukan kegiatan pertukaran dalam hidup
mereka.(American Marketing Assosiation)
Dari definisi tersebut
terdapat 3 ide penting,yaitu:
1)
Perilaku
Konsumen adalah Dinamis, berarti bahwa perilaku seorang konsumen, grup
konsumen, ataupun masyarakat luas selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.
2)
Perilaku Konsumen
Melibatkan Interaksi, bahwa antara pengaruh dan kognisi,perilaku,dan kejadian
disekitar. Ini berarti bahwa untuk memahami konsumen dan mengembangkan strategi
pemasaran yang tepat kita harus memahami apa yang harus meraka pikirkan (kognisi),dan
mereka rasakan (pengaruh),apa yang mereka lakukan (perilaku),dan apa serta
dimana (kejadian disekitar) yang mempengaruhi serta dipengaruhi oleh apa yang
dipikirkan,dirasakan,dan dilakukan oleh konsumen.
3)
Perilaku
Konsumen adalah Pertukaran diantara individu. Hal ini, membuat definisi
perilaku konsumen tetap konsisten dengan definisi pemasaran yang sejauh ini
juga menekankan pertukaran. Kenyataannya,peran pemasaran adalah untuk
menciptakan pertukaran dengan konsumen melalui formulasi dan penerapan strategi
pemasaran.
Unsur-unsur
Perilaku Konsumen
a.
Psikologis:
motivasi,persepsi,kepercayaan dan sikap konsumen
b.
Pribadi :
pekerjaan keadaan ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri
c.
Sosial :
kelompok referensi, keluarga, peran dan status
d.
Kebudayaan :
kebudayaan, kelas sosial
PIHAK-PIHAK
YANG BERKEPENTINGAN
Ada dua grup yang
tertarik pada perilaku kosumen,yaitu:
1.
Grup riset
dasar, yang terdiri dari periset akademik yang tertarik mempelajari perilaku
konsumen sebagai suatu cara mengembangkan pengetahuan yang unik tentang aspek
perilaku manusia.
2.
Group yang
berorientasi-aksi, dipecah menjadi tiga:
·
Organisasi
pemasaran, yang mencakup bukan bukan hanya apa yang biasa difikirkan sebagai
organisasi bisnis, tapi juga organisasi lain seperti rumah sakit, museum,
kantor pengacara dan universitas. Dengan demikian, organisasi pemasaran
memasukkan semua group yang melakukan pertukaran dengan konsumen.
·
Organisasi
pemerintahan dan politik, yang termasuk didalamnya adalah Komisi Perdagangan
Negara (Federal Trade Commission) dan Badan Pengawas Bahan Makanan dan Obat-obatan
(Food and Drug Administration. Tujuan utama dari organisasi ini adalah memantau
dan mengatur pertukaran antara organisasi pemasar dengan konsumen.
·
Konsumen,
individu konsumen dan pembeli berbentuk organisasi menukarkan sumber daya untuk
berbagai macam barang dan jasa.
Hubungan antar Group
Berorientasi pada Aksi
|
|||||||
RUANG
LINGKUP PERILAKU KONSUMEN
·
geografi : bahwa
setiap daerah memiliki selera yang berbeda-beda
·
demografi : sasaran
produk berorientasi pada beberapa kategori konsumen, contohnya untuk kategori
usia, jenis kelamin.
·
Sosial ekonomi :
terdiri dari kategori Upper Class, Higher Professional, Lower Professional dan
Urban (Skill non Professional).
·
Gaya hidup :
aktif,dinamis, menyukai tantangan, suka bergaul, mengikuti trend/mode perilaku.
Berdasarkan tingkat penggunaan produk tingkat pemakaian produk yang relatif
ringan, menyukai hal yang baru, loyal terhadap merk.
·
Manfaat : membidik
konsumen mencari manfaat sebenarnya dari produk.
Komentar
Posting Komentar