PERILAKU KONSUMEN SERTA PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN


Definisi perilaku konsumen
Perilaku konsumen merupakan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi,perilaku,dan lingkungannya dimana manusia melakukan kegiatan pertukaran dalam hidup mereka.(American Marketing Assosiation)
Dari definisi tersebut terdapat 3 ide penting,yaitu:
1)      Perilaku Konsumen adalah Dinamis, berarti bahwa perilaku seorang konsumen, grup konsumen, ataupun masyarakat luas selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.
2)      Perilaku Konsumen Melibatkan Interaksi, bahwa antara pengaruh dan kognisi,perilaku,dan kejadian disekitar. Ini berarti bahwa untuk memahami konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat kita harus memahami apa yang harus meraka pikirkan (kognisi),dan mereka rasakan (pengaruh),apa yang mereka lakukan (perilaku),dan apa serta dimana (kejadian disekitar) yang mempengaruhi serta dipengaruhi oleh apa yang dipikirkan,dirasakan,dan dilakukan oleh konsumen.
3)      Perilaku Konsumen adalah Pertukaran diantara individu. Hal ini, membuat definisi perilaku konsumen tetap konsisten dengan definisi pemasaran yang sejauh ini juga menekankan pertukaran. Kenyataannya,peran pemasaran adalah untuk menciptakan pertukaran dengan konsumen melalui formulasi dan penerapan strategi pemasaran.
Unsur-unsur Perilaku Konsumen
a.       Psikologis: motivasi,persepsi,kepercayaan dan sikap konsumen
b.      Pribadi : pekerjaan keadaan ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri
c.       Sosial : kelompok referensi, keluarga, peran dan status
d.      Kebudayaan : kebudayaan, kelas sosial

PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN
Ada dua grup yang tertarik pada perilaku kosumen,yaitu:
1.      Grup riset dasar, yang terdiri dari periset akademik yang tertarik mempelajari perilaku konsumen sebagai suatu cara mengembangkan pengetahuan yang unik tentang aspek perilaku manusia.
2.      Group yang berorientasi-aksi, dipecah menjadi tiga:
·           Organisasi pemasaran, yang mencakup bukan bukan hanya apa yang biasa difikirkan sebagai organisasi bisnis, tapi juga organisasi lain seperti rumah sakit, museum, kantor pengacara dan universitas. Dengan demikian, organisasi pemasaran memasukkan semua group yang melakukan pertukaran dengan konsumen.
·           Organisasi pemerintahan dan politik, yang termasuk didalamnya adalah Komisi Perdagangan Negara (Federal Trade Commission) dan Badan Pengawas Bahan Makanan dan Obat-obatan (Food and Drug Administration. Tujuan utama dari organisasi ini adalah memantau dan mengatur pertukaran antara organisasi pemasar dengan konsumen.
·           Konsumen, individu konsumen dan pembeli berbentuk organisasi menukarkan sumber daya untuk berbagai macam barang dan jasa.


Hubungan antar Group Berorientasi pada Aksi
Kegiatan Konsumen
 
 



  
 



                                                                                                           

RUANG LINGKUP PERILAKU KONSUMEN
·         geografi : bahwa setiap daerah memiliki selera yang berbeda-beda
·         demografi : sasaran produk berorientasi pada beberapa kategori konsumen, contohnya untuk kategori usia, jenis kelamin.
·         Sosial ekonomi : terdiri dari kategori Upper Class, Higher Professional, Lower Professional dan Urban (Skill non Professional).
·         Gaya hidup : aktif,dinamis, menyukai tantangan, suka bergaul, mengikuti trend/mode perilaku. Berdasarkan tingkat penggunaan produk tingkat pemakaian produk yang relatif ringan, menyukai hal yang baru, loyal terhadap merk.
·         Manfaat : membidik konsumen mencari manfaat sebenarnya dari produk.

Komentar