SEGMENTASI PASAR

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak asing lagi dengan yang namanya pasar. Pengertian pasar pasar sendiri adalah bukan berarti tempat bertemunya penjual dan pembeli, namun Pasar adalah sebuah transaksi jual beli yang dilakukan antara penjual dam pembeli, tidak harus di suatu tempat. Untuk itu di sini ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan segmentasi pasar.

1.      Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Pemahaman dan unsur-unsurnya
Menurut Rhenald Kasali, segmentasi pasar adalah proses mengkotak-kotakkan pasar yang heterogen ke dalam potensial customer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang memiliki respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.
Secara umum, segmentasi pasar adalah proses menempatkan konsumen dalam subkelompok di pasar produk,sehingga para pembeli memiliki tanggapan yang hampir sama dengan strategi pemasaran dalam penentuan posisi perusahaan.
Unsur-unsurnya antara lain, yaitu produk yang heterogen, kesamaan kebutuhan dan karakter, konsumen.

2.      Dasar pembedaan segmentasi pasar? 
Dua kelompok variabel yang luas digunakan untuk melakukan segmentasi pasar konsumen.
·         Variabel segmentasi utama
a.       Segmentasi geografis : mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, provinsi, kota, atau lingkungan dengan memperhatikan pada variasi lokal dalam kebutuhan dan preferensi geografis.
b.      Segmentasi demografis : pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan veriabel-variabel demografis seperti usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial.
c.       Segmentasi psokografis : pembeli dibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial,gaya hidup,dan kepribadian.
d.      Segmentasi perilaku : pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan,sikap,pemakaian atau tanggapan mereka terhadap suatu produk. Banyak pemasar  yakin bahwa variabel perilaku antara lain yaitu kejadian, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, dan sikap adalah titik awal terbaik dalam membentuk segmen pasar.

3.      Siapa yang berkepentingan dengan segmentasi pasar?
Yang berkepentingan dengan segmentasi pasar antara lain:
1.      Perusahaan
2.      Pemasar
3.      Konsumen
4.      Pemerintah
5.      Mahasiswa/peneliti
4. Bahan Diskusi! Bagaimana segmentasi pasar digunakan dalam strategi pemasaran?

Komentar