Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak asing lagi dengan yang namanya pasar. Pengertian pasar pasar sendiri adalah bukan berarti tempat bertemunya penjual dan pembeli, namun Pasar adalah sebuah transaksi jual beli yang dilakukan antara penjual dam pembeli, tidak harus di suatu tempat. Untuk itu di sini ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan segmentasi pasar.
1. Apa
yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Pemahaman dan unsur-unsurnya
Menurut
Rhenald Kasali, segmentasi pasar adalah proses mengkotak-kotakkan pasar yang heterogen
ke dalam potensial customer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan
karakter yang memiliki respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.
Secara
umum, segmentasi pasar adalah proses menempatkan konsumen dalam subkelompok di
pasar produk,sehingga para pembeli memiliki tanggapan yang hampir sama dengan
strategi pemasaran dalam penentuan posisi perusahaan.
Unsur-unsurnya
antara lain, yaitu produk yang heterogen, kesamaan kebutuhan dan karakter,
konsumen.
2. Dasar
pembedaan segmentasi pasar?
Dua
kelompok variabel yang luas digunakan untuk melakukan segmentasi pasar
konsumen.
·
Variabel segmentasi
utama
a. Segmentasi
geografis : mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang
berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, provinsi, kota, atau lingkungan
dengan memperhatikan pada variasi lokal dalam kebutuhan dan preferensi
geografis.
b. Segmentasi
demografis : pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan veriabel-variabel
demografis seperti usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin,
penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan
kelas sosial.
c. Segmentasi
psokografis : pembeli dibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan kelas
sosial,gaya hidup,dan kepribadian.
d. Segmentasi
perilaku : pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan,sikap,pemakaian
atau tanggapan mereka terhadap suatu produk. Banyak pemasar yakin bahwa variabel perilaku antara lain
yaitu kejadian, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan, tahap
kesiapan pembeli, dan sikap adalah titik awal terbaik dalam membentuk segmen
pasar.
3. Siapa
yang berkepentingan dengan segmentasi pasar?
Yang
berkepentingan dengan segmentasi pasar antara lain:
1. Perusahaan
2. Pemasar
3. Konsumen
4. Pemerintah
5. Mahasiswa/peneliti
4. Bahan Diskusi!
Bagaimana segmentasi pasar digunakan dalam strategi pemasaran?
Menurut
Rhenald Kasali, segmentasi pasar adalah proses mengkotak-kotakkan pasar yang heterogen
ke dalam potensial customer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan
karakter yang memiliki respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.
Dua
kelompok variabel yang luas digunakan untuk melakukan segmentasi pasar
konsumen.
b. Segmentasi
demografis : pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan veriabel-variabel
demografis seperti usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin,
penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan
kelas sosial.
Komentar
Posting Komentar